Jumat, 09 Oktober 2015

Menyamarkan Bekas Luka Karena Knalpot

Luka bakar karena knalpot sepeda motor sering dialami oleh banyak orang, bahkan mungkin anda adalah salah seorang yang pernah mengalami luka bakar karena knalpot sepeda motor yang sangat panas. Luka bakar karena knalpot biasanya akan meninggalkan bekas kehitaman pada kulit, dan bekas tersebut bersifat permanen. Jika bekas luka bakar tersebut terdapat di area kulit yang tertutup tidak jadi masalah. Tapi jika terdapat di area kulit yang mudah dilihat tentu akan mengurangi estetika terutama pada wanita. 


Bekas luka bakar karena knalpot tidak mudah untuk dihilangkan, karena kerusakan jaringan kulit yang cukup parah akibat panas knalpot, dan saat pertama kali terkena knalpot panas tidak langsung diantisipasi dengan cara yang benar. Banyak orang karena kebiasaan yang turun temurun, saat terkena knalpot panas langsung mengoleskan pasta gigi ke tempat yang terbakar. Padahal mengoleskan pasta gigi pada luka bakar justru akan dapat menimbulkan infeksi dan dapat memperparah luka. 

Langkah pertama yang harus dilakukan saat terkena knalpot panas adalah menyiram luka dengan air dingin sampai rasa nyeri hilang. Menyiramkan air dingin ke luka bakar akan membuat proses kerusakan kulit akan berkurang sehingga prosentase luka akan mengecil. Setelah rasa nyeri hilang oleskan salep untuk luka bakar yang dapat dibeli di apotek. Dan setelah luka sembuh untuk menyamarkan bekas luka bakar oleskan minyak zaitun dan salep yang dibuat dari ekstrak daun pegagan (salep bisa dibeli di apotek) secara teratur setiap hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan anda dapat minum rebusan 10gr daun pegagan segar dengan 100ml air setiap hari. Minuman ini dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel. Selain itu perhatikan juga nutrisi sehari-hari agar proses penyembuhan luka dapat semakin cepat.

Tidak ada komentar: