Rabu, 24 September 2014

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Flek hitam di wajah adalah kelainan kulit yang bisa menjadi salah satu tanda penuaan. Proses penuaan kulit adalah peristiwa alami yang akan dialami oleh semua orang seiring bertambahnya usia. Namun, proses penuaan yang dialami setiap orang tidak sama, karena ada orang yang cepat menua dan ada orang yang mengalami lambat menua. Flek hitam yang muncul di wajah disebabkan oleh akumulasi lipofuscin dalam kulit. Flek hitam yang muncul pada kulit ketika masih remaja dapat menjadi tanda terjadinya penuaan dini pada orang tersebut


Penyebab munculnya flek hitam
Flek hitam yang muncul di wajah, terutama disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari yang menembus lapisan epidermis kulit. Selain itu, flek hitam juga dapat terjadi karena bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik, obat-obatan seperti pil KB, pengaruh hormonal, kondisi lingkungan seperti asap, dan adanya radikal bebas di udara yang tercemar. Untuk mencegah timbulnya flek hitam di wajah, harus dilakukan tindakan pencegahan. 

Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan adalah: 
1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung dengan menggunakan topi, payung, dan sunscreen saat beraktivitas di bawah sinar matahari terutama di siang hari. 
2. Mengkonsumsi banyak air, sayuran, dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan vitamin E. 
3. Hindari merokok. 

Jika flek hitam sudah terlanjur muncul, maka diperlukan pengobatan untuk menghilangkannya. Selain obat dari dokter untuk menghilangkan flek hitam juga dapat digunakan obat alami. Obat alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah: 
▪ Kentang secukupnya 
▪ Ragi secukupnya 
▪ Bersihkan kentang, kupas, haluskan. 
▪ Tambahkan ragi, aduk sampai rata. 
▪ Oleskan pada wajah sebagai masker selama 30 menit, setelah itu mencuci muka. 
▪ Lakukan perawatan rutin sekali setiap hari.

Tidak ada komentar: