Senin, 04 Januari 2016

Resep Tradisional Untuk Mengobati Cacar Air

 

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella-Zooster. Virus ini dapat menyerang siapa saja tanpa pandang usia dan jenis kelamin. Namun, yang paling sering terserang adalah anak-anak. Cacar air merupakan penyakit yang sangat mudah menular, bisa lewat percikan ludah maupun kontak langsung dengan penderita. Cacar air sangat berbahaya jika menyerang ibu hamil, karena dapat menyebabkan janin yang dikandungnya menjadi cacat. 

Pengobatan pada penyakit cacar bersifat simptomatik yaitu pengobatan hanya berguna untuk mengurangi gejala tanpa bisa menghilangkan penyebabnya. Karena penyakit yang disebabkan virus seperti cacar air adalah jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya jika ditopang oleh daya tahan tubuh yang baik dan tidak terjadi komplikasi. 

Obat-obatan anti virus adalah jenis obat yang biasa diberikan pada penderita cacar air, disamping pemberian makanan tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain obat anti virus, ada juga ramuan tradisional yang berasal dari bahan alami yang berguna untuk mengobati cacar air. Berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan: 

● Bawang Putih. 
Bawang putih sering disebut sebagai antibiotika alami karena dapat menstimulasi sistem imun tubuh, dan meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan serangan infeksi bakteri dan virus. Bawang putih mengandung senyawa aktif yang dapat membunuh virus Varicella-Zooster. Konsumsi 1-2 siung bawang putih segar dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita cacar air sekaligus mengurangi resiko infeksi. 

● Akar manis/Licorice. 
Akar manis biasa digunakan pada ramuan tradisional China. Akar manis mengandung asam glisirrhetinat yang bermanfaat sebagai anti virus dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Penggunaannya bisa diminum seperti seduhan teh yang encer, atau dalam seduhan pekat yang dioleskan langsung pada luka. 

● Propolis. 
Propolis yang dikenal juga sebagai bee glue berguna untuk meredakan radang tenggorokan, antivirus, antioksidan, antikarsinogenik, dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi propolis saat terserang cacar air dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. 

● Buah pir. 
Buah pir juga berguna untuk membantu proses penyembuhan penderita cacar air. Jus buah pir banyak mengandung asam kafeat yang berguna sebagai antivirus. Mengkonsumsi jus buah pir saat terserang cacar air dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. 

● Lidah buaya. Khasiat lidah buaya untuk kehalusan kulit dan antiinfeksi sudah banyak dikenal. Untuk mengatasi luka akibat cacar air bisa juga digunakan lidah buaya. Daging lidah buaya diambil, kemudian dihancurkan sampai lembut, setelah itu dioleskan pada bagian yang luka 2-3 kali sehari.

Tidak ada komentar: