Kamis, 22 Oktober 2015

Cara Alami Mengatasi Selulit

Selulit merupakan masalah kulit yang bagi wanita bukan lagi merupakan hal yang asing, karena 90% wanita pasti pernah mengalami masalah kulit yang satu ini. Selulit umumnya menyerang kulit di bagian paha, pantat, lengan, dan perut. Selulit dapat dialami oleh semua wanita, baik yang memiliki tubuh gemuk maupun yang memiliki tubuh kurus. Tapi, wanita yang memiliki tubuh gemuk akan lebih rentan mengalami selulit karena banyaknya lemak yang ada di permukaan kulit. 


Penyebab timbulnya selulit: 
▪ Selulit dapat terjadi karena melarnya lapisan serat kolagen dan jaringan ikat di bawah kulit yang disebabkan oleh dorongan dari timbunan lemak di bawah kulit. Itulah sebabnya mengapa wanita gemuk lebih rentan mengalami selulit. 
▪ Pertambahan usia juga dapat menimbulkan selulit, karena saat usia bertambah produksi hormon estrogen akan menurun dan menyebabkan produksi kolagen juga menurun, sehingga menimbulkan selulit. 
▪ Merokok juga dapat menyebabkan timbulnya selulit, karena asap rokok dapat mengurangi jumlah oksigen yang mengalir di pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan kerusakan jaringan ikat dan mengganggu pembentukan kolagen. 
▪ Kurang berolahraga juga dapat membuat kulit mengalami selulit, karena jarang berolahraga akan membuat elastisitas kulit menurun. Untuk mengatasi selulit ada banyak cara yang dapat dilakukan, tapi semua tindakan pada umumnya tidak akan dapat menghilangkan selulit melainkan hanya membuat selulit terlihat samar. 

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi selulit adalah: 
▪ Melakukan perawatan kecantikan kulit di salon kecantikan. Tapi, perawatan di salon kecantikan akan membuat selulit tidak nampak hanya dalam waktu 6-12 bulan saja, karena umumnya mereka hanya memperbaiki penampilan luar kulit dan bukan memperbaiki dari dalam. 
▪ Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung air, karena air akan membuat jaringan ikat kulit menjadi kuat dan lentur. 
▪ Rutin berolahraga untuk menjaga elastisitas kulit. 
▪ Melakukan perawatan kulit dengan bahan alami yaitu virgin coconut oil, gula, dan kopi. Campuran ketiga bahan tersebut dapat membantu mengatasi selulit yang sudah terjadi pada kulit. Virgin coconut oil berguna untuk melembabkan kulit, gula berguna sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati, sedangkan kopi berguna untuk menjaga kekencangan atau elastisitas kulit. 
Cara penggunaannya: campur 1 bagian virgin coconut oil, 1 bagian gula pasir, dan 1½ bagian bubuk kopi, aduk rata sampai membentuk pasta yang lembut, oleskan pada kulit sambil digosok dan dipijat, biarkan selama 30 menit, setelah itu bersihkan, lakukan sekali seminggu.

Tidak ada komentar: