Minggu, 09 Agustus 2015

Cara Meningkatkan Kualitas ASI



Sebagai seorang ibu baru, salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan ASI untuk bayi anda, karena pemberian ASI akan membuat bayi tumbuh dengan sehat. Untuk memberikan ASI pada bayi dibutuhkan bukan hanya ASI yang mengalir dengan lancar, tapi juga ASI dengan kualitas yang baik. Dan, untuk meningkatkan kualitas ASI maka ibu menyusui membutuhkan makanan sehat. Dan, berikut ini adalah makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh ibu menyusui agar diperoleh ASI dengan kualitas yang baik. 

● Ikan salmon. 
Ikan salmon mengandung DHA yang sangat baik untuk perkembangan sistem saraf bayi. Selain itu, DHA yang terkandung dalam ikan salmon dapat membantu mengurangi resiko terkena sindrom baby blues. 

● Susu rendah lemak. 
Susu yang banyak mengandung kalsium dapat membantu pertumbuhan tulang bayi, sebaiknya jadikan susu sebagai konsumsi setiap hari. 

● Daging sapi tanpa lemak. 
Daging banyak mengandung zat besi, vitamin B12 dan protein yang dapat membantu meningkatkan energi setelah proses melahirkan. 

● Kacang-kacangan. 
Kacang-kacangan terutama yang berwarna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah, adalah makanan yang kaya akan zat besi dan protein dan merupakan makanan yang sangat berguna untuk ibu menyusui. 

● Blueberry. 
Blueberry kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, dan karbohidrat yang dapat menjaga tingkat energi pada wanita menyusui. 

● Karbohidrat sehat. 
Karbohidrat sehat seperti beras merah atau roti gandum dapat menjaga tingkat energi setelah melahirkan. 

● Buah-buahan. 
Buah banyak mengandung vitamin A,B,K dan C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu menyusui dan juga bayinya. 

● Telur. 
Kuning telur merupakan sumber alami vitamin D yang dapat menjaga tulang bayi jadi kuat dan sehat. 

● Sayuran hijau. 
Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, zat besi, antioksidan dan kalsium nabati yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui dan bayinya. 

● Sereal atau bubur gandum. 
Sarapan sehat dengan sereal atau bubur gandum dapat memberikan energi pada ibu setelah begadang menjaga bayinya. 

● Air. 
Untuk menjaga tingkat energi dan produksi ASI, pastikan anda terhidrasi dengan baik. Selain dengan air, anda juga dapat mengkonsumsi jus dan susu, tapi hindari minuman yang berkafein seperti kopi atau teh. Karena kafein akan memasuki ASI yang dapat membuat bayi sulit tidur.

Tidak ada komentar: