Senin, 03 Agustus 2015

Bagaimana Cara Mengobati Cacar Air


Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zooster. Cacar air sangat mudah menular dan penularan dapat melalui percikan ludah atau kontak langsung dengan penderita. Cacar air dapat menyerang semua orang tanpa membedakan usia dan jenis kelamin, namun yang paling sering terserang adalah anak-anak. Cacar air sangat berbahaya jika menyerang ibu hamil, karena dapat menyebabkan bayi yang dikandungnya menjadi cacat. 

Karena disebabkan oleh virus pengobatan pada penyakit cacar air bersifat simptomatik, yaitu dokter hanya berusaha mengurangi gejalanya tanpa bisa menghilangkan penyebabnya. Sebab, penyakit karena virus merupakan penyakit yang bersifat self limiting disease yaitu dapat sembuh dengan sendirinya bila ditunjang dengan daya tahan tubuh yang kuat dan tidak terjadi komplikasi. 

Umumnya pengobatan cacar air dilakukan dengan memberikan obat-obatan anti virus, antipiretika jika demam, bedak gatal, dan vitamin atau makanan tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain obat-obatan tersebut ada juga bahan alam yang dapat digunakan untuk mengatasi cacar air. Berikut adalah beberapa bahan alam yang dapat digunakan. 

● Bawang putih. 
Bawang putih merupakan antibiotik alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan infeksi bakteri, selain itu bawang putih juga aktif melawan jamur, parasit, dan virus. Mengkonsumsi 1-2 siung bawang putih segar dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita cacar air sekaligus mengurangi infeksinya. 

● Akar manis/Licorice. 
Akar manis mengandung asam glisirrhetinat yang berguna sebagai antivirus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Penggunaannya bisa diminum dengan cara diseduh seperti membuat teh encer atau diseduh sampai kental untuk dioleskan pada luka. 

● Buah pir. 
Jus buah pir kaya akan senyawa asam kafeat yang berguna sebagai antivirus, karena itu mengkonsumsi jus buah pir saat terserang cacar air akan dapat mempercepat proses penyembuhannya. 

● Jagung muda. 
Jagung muda telah lama digunakan untuk mengobati dan menghilangkan bekas luka karena cacar air. Penggunaannya, parut jagung muda yang telah dibersihkan, oleskan pada luka setiap pagi, biarkan selama 4-5 jam, setelah itu bersihkan. Lakukan pengobatan sampai bekas luka hilang. 

● Lidah buaya. 
Manfaat lidah buaya untuk menghaluskan kulit dan antiinfeksi sudah lama dikenal. Selain itu, lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati luka akibat cacar air. Haluskan daging lidah buaya, oleskan pada luka 2-3 kali setiap hari. Lakukan sampai luka sembuh.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

cacar air memang salah satu penyakit yang mudah untuk disembuhkan, namun penyakit ini tergolong penyakit yang cukup mengerikan.. karena jika kita terkena cacar air tentunya rasa kepercayaan diri kita akan hilang...
addeliya