Jumat, 21 Agustus 2015

8 Sayuran Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal


Ginjal adalah organ tubuh dengan bentuk seperti kacang yang berguna untuk menyaring kotoran dari darah dan kemudian membuangnya lewat urin. Ginjal merupakan organ vital pada tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya agar dapat melakukan tugasnya dengan baik. Ginjal yang tidak dijaga kesehatannya sangat rentan untuk terserang penyakit seperti batu ginjal, infeksi ginjal, radang ginjal, dan bahkan gagal ginjal. Untuk menjaga kesehatan ginjal harus dilakukan pola hidup sehat dengan makan makanan sehat, banyak minum air putih, mengendalikan berat badan, menjaga tekanan darah, berolah raga, mengkonsumsi buah, dan sayuran. Ada delapan jenis sayuran yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan ginjal dan jenis sayuran tersebut dapat anda ketahui pada artikel ini. 


1. Kubis
Kubis adalah sayuran yang mengandung kalium dalam kadar rendah, tapi kaya akan vitamin K, vitamin C, dan serat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan ginjal. 
2. Kembang kol
Kembang kol kaya akan vitamin C yang berguna untuk mengurangi peradangan pada ginjal dan juga berguna untuk detoksifikasi ginjal. Selain itu kembang kol juga kaya akan serat yang berguna untuk memerangi diabetes dan penyakit jantung. 
3. Bawang putih
Bawang putih banyak mengandung antioksidan yang berguna untuk mencegah peradangan ginjal dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 
4. Wortel
Seseorang yang mengalami penyakit ginjal kronis sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga tekanan darah dan wortel termasuk di dalamnya. Selain itu wortel juga dapat mengontrol diabetes yang merupakan penyakit penyebab sakit ginjal. 

5. Bawang merah
Bawang merah berguna untuk mencegah kristalisasi dan pertumbuhan batu ginjal, selain itu bawang merah juga berguna untuk mengurangi kekentalan darah. 
6. Lobak
Lobak kaya akan nutrisi dan juga rendah kalori. Kandungan nutrisi dalam lobak berguna untuk membersihkan racun dalam ginjal dan mencegah infeksi ginjal. 
7. Biji labu
Biji labu kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berguna untuk mengurangi resiko terserang batu ginjal. 
8. Buncis
Kadar gula darah yang tinggi merupakan penyebab utama terjadinya sakit ginjal, buncis yang kaya akan serat dan rendah kolesterol dapat menstabilkan kadar gula darah sehingga dapat mengurangi resiko sakit ginjal. Selain itu buncis juga dapat menjaga kesehatan jantung.

 _@ Terima Kasih Sudah Berkunjung

Tidak ada komentar: