Kamis, 21 Maret 2019

Wacana Fatwa Haram Game PUBG


Game PUBG kini semakin digemari. Hanya dalam kurun waktu sekitar 1 tahun, game tersebut terjual dengan jumlah yang sangat fantastis, bahkan jumlah pemainnya semakin merangkak naik. 

Apa PUBG
PUBG adalah singkatan dari PlayerUnknown's BattleGrounds. Sebuah game dimana kamu harus bertahan hidup bertempur melawan 100 pemain lain, dan menjadi yang terakhir untuk hidup. Ketika para pemain memulai gamenya, mereka akan terjun dari sebuah pesawat dan menggunakan parasut ke berbagai lokasi untuk mereka loot. Sebuah lingkaran putih yang menandakan zona bermain akan muncul dan para pemain harus mengikuti masuk ke dalam lingkaran zona bermain tersebut. Zona bermain PUBG itu akan diperbarui dan mengecil ketika waktu lingkaran mencapai 0 hal tersebut membuat beberapa area menjadi tidak aman. Pemain yang berada di luar lingkaran putih (zona bermain) akan kehabisan darah dan mati, lalu lingkaran putih tersebut akan mengecil secara terus - menerus dan membuat semua pemain yang tersisa pada lingkaran akhir untuk bertempur habis - habisan agar dapat menjadi pemain terakhir dan memenangkan chicken dinner. 

Fakta PUBG
1. PUBG dibuat oleh seorang fotografer


Brendan Greene merupakan kreator PUBG.Sebelum menjadi kreator PUBG, dia memulai kariernya sebagai fotografer dan desainer grafis. Keterampilannya dalam mendesain digunakan untuk mendesain game. Greene mulai mendesain game saat memasuki usia 30-an. Awalnya, dia mengembangkan mod untuk Arma dan DayZ. Dari karyanya tersebut, Sony Online Entertainment bahkan mengajaknya untuk berkonsultasi dalam pengembangan H1Z1: King of the Kill. Dari situlah, Greene mendapatkan ilmu untuk pengembangan PUBG. 

2. Tragedi Sebutan Chicken Dinner


Jika pemain bisa bertahan hingga akhir dan menjadi yang terakhir di match, maka akan ada tulisan yang menyebutkan chicken dinner. Banyak para pecinta game yang belum mengetahui tragedi dari sebutan chicken dinner. Chicken dinner itu bermula pada masa great depression, yang terjadi di Amerika Serikat sekitar tahun 1930. Di masa ini, banyak yang melakukan perjudian untuk satu tujuan, ialah mendapatkan uang sebanyak mungkin. Jika menang berturut turut, maka orang tersebut bisa membeli ayam untuk makan malam. Saat itu beli ayam sudah termasuk mewah banget. Nah, ini sejarah dari adanya sebutan chicken dinner di PUBG. 

3. Indonesia Masuk Daftar Tiga Besar Pemain Terbanyak
Dari 200 negara yang memiliki pemain PUBG Mobile, Indonesia masuk ke dalam posisi tiga besar pemain PUBG Mobile di seluruh dunia. Menemani Indonesia, ada juga Amerika Serikat dan India. 

4. PUBG menghapus banyak pemain yang curang
PUBG sudah banyak menghapus akun dari pemain yang menggunakan cheat dalam permainannya. Di tahun 2017 saja sudah lebih dari satu juta akun yang dihapus. Bahkan di tahun 2018 juga masih banyak pemain yang terpaksa harus dihapus oleh pihak PUBG, karena telah bermain curang. 

5. Masalah Bahasa dan Kewarganegaraan
Ketika game ini tengah dibuat, studio game yang sedang bekerja sama waktu itu, bernama Blue Hole, sempat berdebat dengan sang pembuat game karena masalah bahasa dan kewarganegaraan. Blue Hole berasal dari Korea Selatan, sedangkan Brendan Greene berasal dari Irlandia. Masalah ini diakibatkan oleh para pemilik modal yang tidak yakin untuk menanamkan sahamnya kepada orang yang berbeda kebangsaan dari mereka. Para pemilik modal berpikir bahwa hal tersebut merupakan resiko yang besar. 

Negara yang melarang PUBG 
1. Tiongkok (China)
China Audio-Video and Digital Publishing Association menganggap game PUBG terlalu sadis dan sarat kekerasan. Asosiasi ini juga menilai game PUBG tak ubahnya pertarungan gladiator dan dianggap menyimpang dari nilai-nilai sosialisme, serta diklaim berbahaya bagi gamer muda di Tiongkok. 

2. Lebanon
Pemimpin Tentara Lebanon mengeluarkan memo yang berisikan larangan untuk main PUBG bagi tentara Lebanon. Memo ini ditandatangani oleh Komandan Angkatan Darat Jenderal Joseph Aoun, pada 4 Januari 2019 dan mulai diberlakukan. Disebutkan, larangan download dan main PUBG bagi tentara Lebanon ini lantaran kekhawatiran terhubung dengan pemain dari belahan dunia lain, termasuk mata-mata Zionis. Dalam memo internal ini, tidak terbatas pada PUBG saja. Namun juga game online sejenis yang memasukkan unsur peperangan dan militer. 

3. India
Negeri Gangga itu menyebutkan PUBG membuat anak muda terpecah konsentrasinya karena kecanduan, sehingga tidak serius belajar. Ada pula yang menganggapnya mempromosikan kekerasan. 

4. Indonesia dan Malaysia 
Terjadinya Tragedi Christchurch dimana pelakunya diberitakan terinspirasi dari game PUBG membuat Indonesia dan Malaysia bermaksud mengeluarkan wacana haram bagi game PUBG. 

Penutup.
Pada intinya sebuah game diciptakan hanya untuk hiburan saja. Terpengaruh atau tidaknya gamer lebih ditentukan oleh pribadi masing-masing (untuk orang dewasa) dan peran orang tua (untuk anak-anak). Karena itu bijak dalam bermain game, jangan sampai kecanduan sehingga melupakan semua hal, dan selalu bisa menilai mana yang baik dan buruk.

1 komentar:

Misael Setio mengatakan...

sip artikelnya 👍👍