Rabu, 13 Maret 2019

Kulit Tangan Kering – Cara Mengatasinya


Sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu hanya untuk merawat kulit wajah, dan jarang yang benar-benar memperhatikan kesehatan atau kecantikan kulit tangannya. Padahal banyak faktor-faktor eksternal yang dapat merusak kesehatan dan keindahan kulit tangan seperti sinar matahari dan kegiatan sehari-hari misalnya mencuci, membersihkan rumah, memasak, dll. Semua faktor tersebut cenderung dapat membuat kulit tangan jadi kering dan kasar bahkan dapat  menyebabkan kulit pecah-pecah.

Kulit tangan yang kering dan kasar akan membuat tangan terlihat kusam dan bisa mempengaruhi penampilan secara keseluruhan.  Lantas,  bagaimana cara mengatasinya?  Ada beberapa pengobatan rumahan atau alami yang dapat bekerja secara efektif untuk menyembuhkan kulit tangan yang kering dan kasar. Apa sajakah itu? 

1. Mawar dan lemon


Bahan yang diperlukan adalah beberapa kelopak mawar segar dan kulit lemon. Tuang secangkir minyak zaitun dalam mangkuk kaca, kemudian tambahkan kelopak mawar segar dan kulit lemon ke dalam minyak zaitun,  simpan di tempat yang dingin selama seminggu.  Setelah seminggu saring campuran tersebut. Pijat kulit tangan yang kering dan kasar dengan minyak ini setiap hari sampai terlihat perbedaannya.

2. Kopi dan minyak biji anggur


Selain untuk diminum, kopi juga berguna  untuk  mengangkat sel-sel kulit mati serta mencerahkan kulit. Sedangkan minyak biji anggur, bila digunakan pada kulit, akan membantu menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Cara menggunakannya, campur 3 sdm bubuk kopi dan 1 sdm minyak biji anggur dalam mangkuk. Kemudian oleskan campuran ini pada kulit tangan yang kering dan kasar sambil dipijat dengan lembut  menggunakan ujung jari selama 2-3 menit. Biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air dingin.

3. Baking Soda dan minyak kelapa


Soda kue dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dan gelap. Minyak kelapa membantu menyehatkan dan melembabkan kulit. Cara menggunakannya, campur  ¼ cangkir soda kue dan ½ cangkir minyak kelapa. Campur bahan sampai rata, kemudian oleskan di tangan dan gosok dengan gerakan memutar selama sekitar 30 detik. Biarkan  selama beberapa menit. Stelah itu bersihkan dengan air hangat.

4. Garam dan minyak jojoba


Garam adalah salah satu bahan rumahan yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit tangan kering dan kasar. Yang perlu dilakukan adalah mencampur garam ½ cangkir dan ¼ cangkir minyak jojoba. Oleskan ini di tangan dan pijat dengan lembut. Cuci setelah 30 menit. Anda bisa menggunakan air hangat untuk membilasnya.

Tidak ada komentar: