Senin, 21 Agustus 2017

Menjaga Bibir Tetap Halus dan Merona


Ada dua masalah yang sering dialami bibir, yaitu pecah-pecah dan menghitam. Dua hal ini dapat mengurangi keindahan bibir sekaligus kecantikan anda. Bibir yang pecah-pecah dan menghitam tidak akan tertutup sempurna walaupun kita sudah menggunakan lipstik. 

Karena tidak memiliki kelenjar minyak, bibir menjadi bagian tubuh yang mudah mengalami kekeringan. Penyebab kekeringan bibir diantaranya adalah cuaca panas, dehidrasi, kebiasaan menjilat bibir dan efek sampingan obat. Jika kekeringan pada bibir tidak segera diatasi dapat menyebabkan bibir jadi pecah-pecah. Bibir pecah-pecah yang dibiarkan akan membuat bibir jadi menghitam. 
Berikut ini ada beberapa cara jitu dan mudah dilakukan untuk merawat bibir yang pecah-pecah dan menghitam. 

1. Gunakan Pelembab Bibir
Pelembab bibir atau lip balm dapat membantu merawat bibir yang kering dan pecah-pecah. Pilihlah lip balm yang mengandung emmolient, synthetic ceramides atau zinc oxide. Jangan menggunakan lip balm yang mengandung salicylic acid, fenol atau menthol karena akan membuat bibir semakin kering dan pecah-pecah. 

2. Pijat dan Hilangkan Kulit Mati
Memijat bibir akan membuat aliran darah ke bibir meningkat sehingga akan mengatasi bibir yang menghitam. Untuk hasil maksimal pijat bibir dengan almond atau es batu. Sedangkan untuk menghilangkan kulit mati oleskan pada bibir campuran gula bubuk dengan minyak zaitun atau madu, biarkan selama satu menit setelah itu bersihkan dengan kain basah, dan oleskan lip balm pada bibir. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu. 

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur
Perbanyak konsumsi buah dan sayur terutama yang mengandung vitamin C, Contohnya jeruk, lemon, tomat dan wortel. Selain itu anda dapat mengoleskan ampas wortel pada bibir agar warna bibir jadi cerah.

4. Lindungi Bibir dari Sinar Matahari
Gunakan lip balm yang mengandung Sun Protection saat beraktifitas di bawah matahari. Pilihlah lip balm yang mengandung lebih dari SPF 15. 

5. Jaga tubuh dari Dehidrasi
Minumlah 2-3 liter air setiap hari. Karena dehidrasi tidak hanya berpengaruh pada kulit tubuh, tapi juga berpengaruh pada bibir. 

6. Jangan Menjilat dan Menggigit Bibir
Menjilat bibir tidak akan membuat bibir jadi basah dan lembab, tapi sebaliknya akan membuat bibir semakin kering. Sedangkan menggigit bibir akan menyebabkan pigmentasi pada bibir sehingga bibir akan menghitam. 

Itulah beberapa cara jitu mengatasi bibir kering dan menghitam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. GBU.

1 komentar:

rahma shop mengatakan...

terimakasih atas informasinya, membantu sekali jangan lupa kunjungi https://goo.gl/Ecpx35