Minggu, 10 Mei 2015

Cara Alami Mengatasi Cacingan



Cacingan, penyakit satu ini sering diabaikan, padahal penyakit ini dapat menyebabkan kesehatan menjadi terganggu baik pada anak-anak atau orang dewasa. Karena sering diabaikan maka orangtua atau orang dewasa sering tidak mengetahui jika anak atau dirinya terserang cacingan. Lantas, apa saja tanda-tanda anak atau orang dewasa terserang cacingan? 

1. Wajah pucat, lesu dan lemas 
Wajah pucat, lesu, dan lemas disebabkan anemia. Karena, saat cacingan datang menyerang, penderita dapat mengalami anemia, yang disebabkan oleh cacing yang berkembang biak dalam tubuh menghisap darah untuk mendapat makanan. 
2. Nyeri di perut 
Nyeri di perut pada penderita cacingan disebabkan cacing yang hidup dalam saluran pencernaan terus memakan dan menggerogoti sari-sari makanan. Bukan hanya nyeri perut orang atau anak yang cacingan juga dapat menderita diare. 
3. Berat badan menurun drastis 
Orang yang terkena penyakit cacingan seringkali terlihat sangat kurus, sebab nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh menjadi makanan cacing. Tapi, tidak berarti semua orang yang kurus terserang cacingan. 
4. Batuk 
Batuk yang tak sembuh-sembuh juga dapat menjadi salah satu tanda cacingan karena beberapa jenis cacing dapat hidup di paru-paru . 
5. Gatal di dubur. 
Gatal di dubur bisa terjadi jika ada infeksi yang disebabkan cacing, atau pada anak-anak karena ada cacing kremi yang bertelur. Tapi, tidak semua dubur yang gatal disebabkan oleh cacing. 

Untuk mengobati cacingan selain dengan menggunakan obat pembasmi cacing yang dibuat secara kimia, juga dapat menggunakan cara alami yaitu dengan labu kuning. Labu kuning adalah buah yang sangat mudah ditanam, dan sangat mudah juga untuk tumbuh. Selain itu labu kuning adalah satu-satunya buah yang bisa bertahan untuk tidak rusak sampai 3 bulan lamanya asalkan badan buah tidak ada cacatnya dan cara penyimpanannya benar. Cara menyimpan labu kuning agar awet dan bertahan lama adalah disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab. Selama ini labu kuning banyak dimanfaatkan orang untuk membuat kolak dan membuat berbagai jenis makanan lainnya misalnya kue, dodol, sup dan bijinya dijadikan kwaci. Tapi sebenarnya ada banyak manfaat lain dari labu kuning yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya dan salah satunya adalah membasmi cacingan. Bagian labu kuning yang dapat memusnahkan cacingan adalah bijinya. 

Cara menggunakannya: 
• 15gr biji pinang kering ditumbuk 
• 60 gram biji labu kuning yang kering ditumbuk 
• 15 gram kulit delima kering. 
• Campur semua bahan rebus dengan 600 cc air (dengan api kecil) hingga tersisa 200 cc, saring, setelah dingin airnya diminum. (untuk semua jenis cacing).

Tidak ada komentar: