Minggu, 03 Mei 2015

Cara Alami Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis adalah satu keadaan di mana tulang kehilangan kepadatannya, sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Gejala awal dari osteoporosis biasanya tidak mudah terlihat dan baru dapat terlihat setelah beberapa bulan atau beberapa tahun dari awal seseorang mengalami osteoporosis. Seseorang dapat dikatakan mengalami osteoporosis jika mengalami gejala sering sakit pada sendi, kesulitan untuk duduk atau berdiri dengan posisi lurus, dan tiba-tiba mengalami patah tulang walaupun tidak terjadi pukulan atau kecelakaaan. 

Wanita lebih rentan untuk mengalami osteoporosis dibandingkan pria, terutama wanita yang memasuki masa menopause, karena pada masa ini hormon estrogen akan mengalami penurunan. Selain itu faktor lain yang juga dapat meningkatkan resiko osteoporosis adalah: 
▪ Menopause yang terjadi sebelum usia 45 tahun. 
▪ Melakukan pembuangan rahim sebelum usia 45 tahun. 
▪ Merokok
▪ Minum alkohol 
▪ Kekurangan kalsium dan vitamin D 
▪ Diabetes 

Untuk mencegah osteoporosis maka perlu mengkonsumsi makanan dengan kalsium tinggi, dan juga dengan rutin mengkonsumsi jus bengkuang – strawberry – rosella. Bengkuang mengandung gula, pati, fosfor, dan kalium yang dapat menjaga konsistensi tulang dan gigi serta membantu mencegah osteoporosisi. Rosella mengandung kalsium yang baik untuk tulang dan gigi. Sedang strawberry mengandung xylitol dan polifenol yang berguna untuk mencegah pembentukan plak pada gigi anak dan dewasa. 

Berikut resepnya: 

Bahan: 
▪ 100gr bengkuang 
▪ 150gr strawberry 
▪ 4 sdm madu 
▪ 200ml air rosella matang 
▪ es batu secukupnya 

Cara membuat: 
▪ Blender bengkuamg dengan sebagian es batu sampai halus. 
▪ Tuang ke dalam gelas 
▪ Blender strawberry, madu, sisa es batu, dan air rosella sampai lembut 
▪ Tuang ke atas bengkuang, sajikan.

Tidak ada komentar: