Kamis, 18 September 2014

Diet Berat Badan Justru Naik, Mengapa???

Wanita selalu ingin terlihat langsing sempurna. Untuk mendapatkan tubuh langsing berbagai usaha diet dilakukan, mulai dari minum obat pelangsing, sedot lemak, bahkan rela untuk tidak makan. Sebenarnya ada banyak penyebab yang dapat membuat tubuh jadi gemuk atau berat badan yang terus naik. 


Beberapa hal yang dapat menyebabkan berat badan terus naik adalah sebagai berikut: 
1. Kurang tidur 
Suka begadang akan membuat waktu tidur tidak teratur, dan berkurangnya jam tidur. Begadang dapat membuat berat badan naik karena, begadang dapat membuat seseorang ingin makan sesuatu atau ngemil, yang dapat membuat asupan kalori jadi tidak teratur atau berlebihan. Saat begadang, organ tubuh memberikan respon pada hormon yang menyebabkan timbulnya nafsu makan, Dan parahnya, hormon tersebut membuat perut tidak pernah merasa kenyang. Bila makanan yang dimakan saat begadang adalah makanan yang mengandung lemak tinggi, tentu saja akan membuat timbunan lemak dalam tubuh semakin banyak, dan akibatnya berat badan akan bertambah juga perut akan jadi buncit. Karena itu jangan suka begadang! 

2. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu 
Beberapa jenis obat dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Obat-obatan yang dapat membuat berat badan naik adalah obat anti depresan, obat diabetes, obat migrain, dan obat hipertensi. Obat-obatan tersebut dapat menyerap nutrisi dan energi dalam tubuh, sehingga beberapa jam setelah mengkonsumsinya perut akan terasa lapar, dan anda akan jadi mudah merasa haus. 

3. Kurang gerak 
Kurang gerak atau kurang aktivitas juga bisa membuat berat badan bertambah. Karena itu, ketika anda berusaha untuk menurunkan berat badan, jangan lupa untuk berolahraga. Cobalah jenis olahraga seperti yoga, berenang, jogging, atau menari, agar berat badan dapat berkurang. Jika anda terlalu sibuk, berjalan kaki selama 45 menit setiap hari juga dapat membuat berat badan turun. 

4. Tidak makan 
Banyak yang beranggapan bahwa tidak makan akan dapat membuat berat badan turun. Padahal hal itu tidak benar. Karena sama seperti sebuah mesin, yang butuh bahan bakar agar dapat bergerak, tubuh juga membutuhkan bahan bakar untuk proses metabolisme. Bahan bakar tubuh diperoleh dari makanan yang anda makan. Dan, ketika tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh metabolisme tubuh akan melambat, akibatnya lemak dan kalori jadi menumpuk dalam tubuh. Dan akibatnya tubuh akan sulit untuk mengurangi beratnya. Karena itu tetaplah makan dengan teratur.

Tidak ada komentar: