Jumat, 27 September 2013

Cara Sehat Membuat Perut dan Tubuh Menjadi Ramping

Tampil menarik dengan badan dan perut yang ramping merupakan salah satu cara untuk mendongkrak rasa percaya diri pada seseorang baik pria maupun wanita. Untuk mendapatkan badan dan perut ramping banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari diet, menjadi vegetarian, dan melakukan olahraga berat. 
Diet, menjadi vegetarian, dan melakukan olahraga berat tidak akan memberikan hasil yang baik, jika dilakukan sesaat dan tidak didukung dengan kebiasaan sehat yang dilakukan setiap hari. Kebiasaan sehat merupakan sesuatu yang harus dilakukan secara terus menerus agar menjadi mudah dan dapat dilakukan secara otomatis tanpa merasa terpaksa. Dengan melakukan kebiasaan sehat setiap hari maka perut dan tubuh yang ramping akan dapat diperoleh tanpa harus bersusah payah melakukan diet ketat, menjadi vegetarian, dan melakukan olahraga berat.

Beberapa kebiasaan sehat yang harus dilakukan untuk mendapatkan perut dan tubuh ramping adalah sebagai berikut: 
1. Mengubah gaya hidup (Life Style). 
Kemajuan teknologi, tekanan hidup, dan stress membuat seseorang sering melakukan gaya hidup yang tidak sehat, seperti menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan minum bir, soda, merokok, makan fast food, dan melakukan segala hal dengan menggunakan teknologi yang ada. Gaya hidup seperti ini sebaiknya anda tinggalkan, terutama saat usia anda menginjak 30 tahun, karena di usia ini massa otot mulai berkurang, sehingga tubuh akan mudah mengalami kenaikan berat badan. 
2. Tetap bergerak. 
Berdiri dan bergeraklah! Jangan hanya duduk! karena duduk seharian akan membuat metabolisme tubuh dalam membakar lemak turun sampai 50%, bahkan terlalu banyak duduk dapat meningkatkan resiko terserang diabetes sebanyak 7%, dan juga mengganggu kesehatan tulang belakang, Oleh karena itu, selalu aktif bergerak setiap hari dengan melakukan hal-hal ringan seperti mengangkat sendiri barang belanjaan, membersihkan rumah setiap pagi, dan berjalan kaki di sekitar rumah. 
3. Perhatikan asupan makanan. 
Makan adalah kebutuhan pokok manusia untuk bertahan hidup, tapi terkadang kita makan hanya asal kenyang dan tidak memperhatikan nutrisi dalam makanan yang kita makan. Makan yang benar adalah dengan menjadikan sayur dan buah sebagai menu wajib setiap hari. Buah merupakan asupan makanan yang penting untuk mendapatkan tubuh dan perut yang ramping. Nutrisi yang terkandung dalam buah sangat berguna untuk melancarkan pencernaan dan mengurangi lemak tubuh.

Buah yang bermanfaat untuk membuat tubuh dan perut ramping, diantaranya adalah: 
- Jambu. 
Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari jambu, maka makanlah jambu dengan kulitnya. Makan jambu dengan kulitnya akan membuat anda mendapatkan 3gr serat, 2gr protein, dan vitamin C. Selain untuk merampingkan perut dan tubuh, jambu juga berguna untuk mencegah kanker, infeksi bakteri, dan inflamasi. 
- Pepaya. 
Pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan melawan inflamasi. Selain itu, papaya mengandung licopene dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit (Health Skin). 
- Markisa. 
Dalam 100gr markisa terkandung 97 kalori, dan 5 gr serat. Markisa juga mengandung vitamin A dan potassium yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan mengatur tekanan darah. 
- Nanas. 
Nanas mengandung bromelain yang berguna menetralisir keasaman cairan pencernaan, dan mengatur sekresi dalam pancreas. Selain itu, nanas juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, dan potasium. 
- Delima. 
Delima banyak mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) yang berguna untuk mengurangi lemak tubuh dan meningkatkan massa otot. Selain itu, delima mengandung polyphenol dan antioksidan yang berguna untuk meningkatkan metabolisme.

4. Rutin berolahraga. 
Biasakan untuk berolahraga setiap hari atau tiga kali dalam seminggu untuk membakar lemak dan meningkatkan kebugaran tubuh. Olahraga ringan yang dapat dilakukan untuk membakar lemak adalah jogging, berenang, dan bersepeda. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membuat otot tubuh termasuk otot perut menjadi kencang, sehingga perut pun akan menjadi ramping.

Tidak ada komentar: