Minggu, 24 Februari 2013

Aturan Minum Teh untuk Mengendalikan Berat badan

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari teh, baik teh hijau atau teh hitam, terutama dalam membantu mengendalikan berat badan, maka harus memperhatikan aturan minumnya. 

Berikut ini adalah beberapa aturan dalam minum teh: 
1. Seduh dengan suhu yang tepat. 
 Manfaat teh akan optimal jika diseduh dengan suhu yang tepat. Sebaiknya seduh teh dengan air panas bersuhu 80ºC. Jangan dengan air mendidih. Karena, menyeduh teh dengan suhu tepat akan mengoptimalkan penyerapan zat tannin oleh tubuh. Meskipun dapat menghambat penyerapan zat besi, zat tannin sangat berguna untuk menghancurkan lemak dalam tubuh, dan membuangnya melalui ginjal dan feses, sehingga dapat membantu mengendalikan berat badan. 
2. Jangan mencampurkan bahan lain. 
Jika ingin memanfaatkan teh untuk mengendalikan berat badan, maka jangan mncampurkan gula, susu, atau es batu ke dalam teh. Menambahkan gula akan membuat manfaat zat tannin jadi hilang, karena zat tannin akan diserap oleh gula. Menambahkan susu dan es batu akan membuat teh jadi nikmat tapi akan menambah jumlah kalori dalam tubuh, sehingga usaha menurunkan berat badan akan terganggu. Cara terbaik minum teh adalah minum teh dengan rasa tawar dan tanpa tambahan zat lain. 
3. Minum selagi hangat 
Yang harus diperhatikan untuk mendapatkan manfaat optimal dari teh adalah minum selagi hangat. Karena suhu hangat teh dapat memaksimalkan kerja zat tannin dalam tubuh. Sebaiknya minumlah teh tiga menit setelah diseduh dengan air bersuhu 80ºC. 

Meskipun banyak manfaat untuk kesehatan tidak semua orang boleh minum teh. Beberapa orang yang sebaiknya tidak minum teh adalah;
1. Wanita hamil.
Karena minum teh dapat membuat terhambatnya penyerapan zat besi. Sehingga dapat membuat wanita hamil mengalami anemia atau kekurangan zat besi. Dan keadaan ini sangat tidak baik buat bayi yang ada dalam kandungan.
2. Lanjut usia
Seseorang yang telah lanjut usia atau mempunyai penyakit diabetes sebaiknya juga tidak minum teh.
3. Anak-anak
Sebaiknya saat usia anak-anak jangan minum teh, tapi jika ingin minum teh beri jarak waktu dengan waktu makan, minum susu, atau minum vitamin.

Karena dalam teh juga terkandung kafein, maka sebaiknya wanita hamil, lanjut usia, dan anak-anak. tidak minum teh. Karena kafein dapat membuat terganggunya pola tidur sehingga stamina menurun, dan dapat membuat asam lambung meningkat jika diminum saat perut kosong.

Tidak ada komentar: