Minggu, 05 Mei 2019

Cara Mengobati Sakit Gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi
Sakit gigi semua orang pasti pernah mengalaminya, saat sakit gigi segala hal akan menjadi terasa tidak enak, bahkan tidur pun akan menjadi tidak nyenyak. Sakit gigi dapat timbul secara terus menerus terutama saat gigi berlubang atau hanya terasa ngilu dan sakit ketika minum minuman atau makan makanan yang sangat dingin, panas, dan sangat manis, rasa sakit ini terutama sering dialami oleh mereka yang memiliki gigi sensitif (rasa sakit karena gigi sensitif umumnya dapat diatasi dengan penggunaan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif). 

Penyebab sakit gigi. 
Penyebab sakit gigi yang paling sering terjadi adalah karena gigi berlubang. Gigi berlubang dapat terjadi disebabkan oleh sisa makanan yang ada di gigi diubah oleh bakteri dalam mulut menjadi asam, dan asam tersebut membentuk plak pada gigi. Plak yang terbentuk umumnya mengandung bakteri dan dapat menyebabkan email gigi terkikis, sehingga email gigi akan menjadi tipis dan peka. Email gigi yang tipis lama-lama akan mengakibatkan gigi berlubang dan mengakibatkan peradangan. Saat peradangan mengenai saraf gigi sakan menyebabkan gigi menjadi sakit. 

Cara mencegah sakit gigi. 
 Agar tidak mudah terserang sakit gigi maka perlu dilakukan tindakan pencegahan dengan melakukan perawatan secara teratur pada gigi. 
Perawatan yang perlu dilakukan adalah: 
1. Menyikat gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur. 
2. Membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi. 
3. Hindari permen karet dan makan makanan atau minum minuman yang manis. 
4. Periksa gigi secara teratur ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. 

Umumnya saat seseorang terserang sakit gigi, mereka akan berusaha menyembuhkannya dengan mencabut gigi, kumur dengan air garam, menambal gigi yang berlubang, dan minum obat pereda sakit. Tapi, sebenarnya ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi sebelum anda pergi ke dokter gigi (karena menunggu giliran di dokter gigi biasanya sangat lama). 
Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh adalah obat penenang ringan yang dapat memberi kelegaan pada saat sakit gigi. Ada tiga cara memanfaatkan cengkeh untuk mengobati sakit gigi, yaitu: 
Cara 1: ● Siapkan minyak cengkeh secukupnya, teteskan di atas kapas, dan masukkan kapas pada gigi yang berlubang. 
Cara 2: ● Siapkan 10 butir cengkeh kering, goreng tanpa minyak, haluskan, dan masukkan dalam gigi yang berlubang secukupnya, lalu tutup dengan kapas.
Cara 3: ● Masukkan satu sendok teh minyak cengkeh ke dalam secangkir air mendidih, aduk (hati-hati saat mengaduk, jaga agar tidak banyak air yang menguap, karena banyak air yang menguap akan membuat campuran menjadi lebih manjur yaitu dapat membuat anda tertidur) setelah itu minumlah. 

Pilih salah satu cara di atas untuk menghilangkan sakit gigi, dan tetap konsultasi dengan dokter untuk perawatan selanjutnya.

Tidak ada komentar: