Selasa, 16 Juni 2015

Cara Gampang Hindari Sakit Lambung


Sakit lambung atau maag atau gastritis adalah iritasi pada lapisan lendir dinding lambung yang rusak. Lapisan lendir dinding lambung dapat rusak disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan di lambung. 

Penyebab produksi asam lambung menjadi berlebihan adalah: 
1. Stress. 
2. Konsumsi obat-obatan seperti aspirin dan ibuprofen. 
3. Konsumsi minuman beralkohol. 
4. Infeksi kuman Helicobacter Pylori pada lambung. 
5. Aliran balik cairan empedu menuju lambung. 
6. Konsumsi minuman mengandung kafein. 
7. Konsumsi makanan yang sulit dicerna. 

Gejala yang timbul pada penderita sakit lambung adalah: 
1. Nafsu makan hilang. 
2. Mual. 
3. Muntah. 
4. Rasa sakit pada area perut bagian atas atau lambung. 
5. Pada kondisi parah dapat terjadi pendarahan lambung yang dapat ditandai melalui terdapatnya feses berwarna hitam saat buang air besar, dan bahkan dapat mengalami muntah darah. 

Tindakan terpenting untuk mengatasi sakit lambung adalah dengan mengatur pola makan yang teratur dan berimbang, caranya: 
1. Hindari makanan yang sulit dicerna dan dapat mengiritasi lambung seperti daging merah, buncis, jeruk, gorengan, dan makanan yang berempah. 
2. Banyak konsumsi sayuran hijau, buah-buahan yang tidak asam, gandum, produk hewani yang rendah lemak, jus wortel, dan air kelapa. 
3. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol dan kopi. 
4. Kunyah makanan dengan benar. 
5. Jangan makan saat perut masih terasa kenyang. 

Selain dengan mengatur pola makan, untuk mengatasi sakit lambung dapat juga menggunakan beberapa jenis bahan alami seperti: 
1. Chamomile yang berguna untuk melindungi dan mengobati iritasi lapisan lendir lambung. Cobalah untuk minum seduhan teh bunga chamomile kering dua sampai tiga cangkir sehari. 
2. Daun kemangi yang banyak mengandung minyak astiri juga dapat mencegah kram lambung. Rebus satu genggam daun kemangi kering ke dalam satu liter air sampai mendidih, kecilkan api dan lanjutkan perebusan selama 10 menit, saring, minum tiga cangkir sehari setelah makan. 
3. Daun salam juga dapat menjaga kesehatan saluran cerna, mencegah luka pada lambung, dan mencegah sembelit. Seduh dua lembar daun salam dalam secangkir air panas selama 10 menit, dan minum empat cangkir sehari. 
4. Madu dapat menyembuhkan infeksi kuman termasuk kuman penyebab sakit lambung. Makan madu satu setengah jam sebelum makan dapat mengendalikan sekresi asam lambung, dan campuran air hangat dan madu dapat mengencerkan asam lambung untuk mencegah luka pada lambung. Untuk penderita sakit lambung cobalah minum campuran madu dengan air hangat satu setengah jam sebelum makan

Tidak ada komentar: