Selasa, 30 September 2014

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Semangka, buah berwarna merah yang mengandung banyak air ini, ternyata juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan kalori rendah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet. Semangka sangat menyegarkan jika dikonsumsi di musim panas karena kandungan air di dalamnya. Semangka yang dijual di pasaran ada beberapa jenis diantaranya semangka dengan biji, semangka tanpa biji, dan semangka kuning.

Karena kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan, semangka menjadi buah yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Manfaat semangka untuk kesehatan dan kecantikan secara umum adalah menurunkan resiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, membuat kulit dan rambut jadi sehat, dan meningkatkan energi.

Selain itu, semangka juga memiliki manfaat lain baik untuk kesehatan atau kecantikan, manfaat tersebut adalah:
● Mencegah asma.
Semangka banyak mengandung vitamin C dan vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah serangan asma.
● Menurunkan tekanan darah.
Semangka sangat baik dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi karena semangka mengandung lycopene yang dapat menurunkan tekanan darah, selain itu lycopene juga dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung.
● Mencegah kanker.
Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam semangka dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Sedang lycopene dapat menurunkan resiko serangan kanker prostat.
● Mencegah sembelit.
Kandungan serat dalam semangka dapat menyehatkan pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit.
● Mencegah dehidrasi.
Semangka mengandung banyak air dan mengkonsumsi semangka di musim panas dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi.
● Mencegah peradangan.
Semangka mengandung kolin yang berguna untuk mencegah peradangan, mempertahankan struktur membran sel, dan membantu penyerapan lemak.
● Mengurangi nyeri otot.
Semangka mengandung asam amino L-citrulline yang berguna untuk mengurangi nyeri otot dan mempercepat pemulihan setelah latihan pada atlet.
● Menjaga kesehatan kulit.
Semangka mengandung vitamin A yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan jaringan kulit. Semangka juga mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kolagen agar tetap sehat.
● Menjaga kelembaban rambut.
Kandungan vitamin A dalam semangka dibutuhkan rambut untuk memproduksi sebum yang berguna untuk menjaga rambut agar tetap lembab.

Tidak ada komentar: