Selasa, 21 April 2015

Mengurangi Resiko Terserang Kanker Payudara Dengan Lima Cara Sederhana


1. Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. 
Sebuah penelitian menunjukkan adanya hubungan antara minum minuman beralkohol dengan resiko terserang kanker payudara. Dimana seorang wanita yang sering mengkonsumsi alkohol mengalami kenaikan resiko terserang kanker payudara sebesar 70%. Bahkan mengkonsumsi alkohol dalam jumlah kecil pun dapat meningkatkan resiko tersebut. 

2. Rutin berolahraga minimum tiga kali dalam seminggu. 
Berolahraga minimum tiga kali dalam seminggu dan minimum 20 menit setiap berolahraga dapat mengurangi resiko terserang kanker payudara. 

3. Menjaga berat badan, atau menurunkan berat badan jika kelebihan berat badan 
Penelitian menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas (terutama di masa menopause) dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Sebuah studi yang dirilis Maret 2008 oleh para peneliti di University of Texas MD Anderson Cancer Center di Houston menunjukkan bahwa wanita obesitas yang terkena kanker payudara memiliki tingkat ketahanan hidup lebih rendah, dibandingkan wanita yang tidak mengalami obesitas. 

4. Melakukan pemeriksaan payudara. 
Lakukan pemeriksaan payudara secara rutin untuk mendeteksi adanya benjolan atau tidak di payudara. Pemeriksaan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan satu tindakan yang biasa disebut sadari.

5. Melakukan mammogram. 
Lakukan mammogram sekali dalam setahun, terutama bagi wanita yang telah berusia 40 tahun. Kanker payudara yang terdeteksi di stadium awal memiliki tingkat kesembuhan dan kesempatan hidup sebesar 98% bagi penderita. Sedangkan yang terdeteksi di stadium lanjut hanya memberi kesempatan hidup sebesar 27%.

Tidak ada komentar: