Selasa, 17 Maret 2015

Buncis Obat Diabetes


Tentang Buncis
Buncis adalah sayuran yang termasuk jenis polong-polongan. Buncis pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat Amerika Tengah. Bentuknya polong panjang, memiliki rasa manis dan berwarna hijau muda. Penduduk Amerika Latin dan Tengah mengolah buncis sebagai sumber nutrisi dan energi. Istilah buncis berasal dari bahasa Belanda “boontjes” yang artinya kacang kecil. Buncis umumnya diolah sebagai sayur bersantan, ditumis, rebus, dan dipanggang sebentar sebagai steak. Sebelum diolah biasanya disiangi dengan cara membuang kedua ujung dan serat sisinya. 

Mengobati Diabetes
Diabetes merupakan penyakit dengan kadar gula darah tinggi yang menyebabkan penderitanya terpaksa harus hati-hati dalam menerapkan pola makan. Selama ini para dokter sering kali menganjurkan agar penderita disiplin dalam mengkonsumsi obat, berdiet dan melakukan olah raga serta menjauhi stress. Saat ini obat diabetes banyak yang telah beredar di pasaran, namun seringkali harganya sangat mahal karena sebagian besar bahan pembuatnya harus di import. Namun kini penderita diabetes dapat sedikit merasa lega, karena berdasarkan penelitian oleh ahli nutrisi dari IPB buncis ternyata dapat mengobati diabetes melitus. Buncis mengandung b-sitosterol dan stigmasterol yang bisa meningkatkan produksi insulin. Selain itu dalam 100gr buncis juga terkandung 7,81% karbohidrat, 0,28% lemak, 1,77% protein, 2,07% serat kasar, dan 0,32% kadar abu. Dengan kandungan tersebut, maka mengkonsumsi buncis akan mampu mengontrol kadar gula darah yang tinggi. Sehingga penderita diabetes dapat menjadikan buncis sebagai obat alternatif. 

Memilih Buncis
Buncis mudah mengalami kerusakan setelah disimpan pada kelembaban dan suhu tinggi. Kerusakan ini dipengaruhi oleh senyawa penyusun buncis diantaranya phenol, phythate, dan fiber. Cara tepat memilih buncis yang masih segar dan muda adalah dengan jalan mematahkan bagian ujung buncis dengan bantuan ibu jari dan telunjuk. Jika mudah dipatahkan berarti sayuran tersebut masih segar. Buncis muda memiliki bulu-bulu lembut di seluruh permukaan polongnya. Aroma buncis muda juga segar khas sayuran.

Tidak ada komentar: