Minggu, 22 Februari 2015

Cara Mengatasi Sinusitis



Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput lendir sinus nasalis, yaitu rongga berisi udara yang terletak dalam rongga kepala di sekitar hidung. Umumnya, infeksi atau peradangan sinus terjadi sebagai kelanjutan infeksi hidung. Setiap kondisi dalam hidung yang menghambat aliran keluar cairan hidung cenderung menyebabkan infeksi dari sinus. Sinusitis dapat terjadi secara akut, subakut, kronis, alergis, atau hiperplastiks. 

Penyebab sinusitis
Umumnya sinusitis disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, dan alergi yang berkepanjangan. Alergen yang terhirup seperti debu, bulu binatang, serbuk sari bunga, atau adanya kelembaban dan perubahan cuaca yang drastis dapat menimbulkan reaksi alergi dan pembengkakan yang berpengaruh atas timbulnya serangan sinusitis. 

Gejala dan tanda sinusitis
Gejala sinusitis bervariasi tergantung pada tipe infeksinya. Gejala umumnya berupa hidung tersumbat dan adanya cairan ingus dari belakang hidung yang menetes ke hulu kerongkongan, sakit kepala, pusing, nyeri, pengeluaran cairan nasal yang disertai nanah, nafas berbau kurang sedap, penciuman agak lemah, dan bersin-bersin pada sinus karena alergi. 

Perawatan dan pencegahan sinusitis
1. Kompres daerah yang nyeri dengan air hangat. 
2. Hindari menyelam dan berenang karena air dapat masuk ke dalam sinus sehingga menimbulkan sumbatan atau infeksi. 
3. Hindari alergen seperti debu, asap rokok, dan polusi lain, obat-obatan serta jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi. 

Obat Herbal Untuk Sinusitis
Pengobatan herbal untuk sinusitis menurut Alm.Prof.Hembing adalah: 
▪ 10gr sambiloto kering 
▪ 20gr kunyit 
▪ 20gr jahe 
▪ 90gr daun lidah buaya, kupas 
▪ Cuci bersih semua bahan di atas, rebus dengan 700cc air, rebus sampai air menjadi 300cc, lalu saring. 
▪ Minum dua kali sehari.

Tidak ada komentar: