Rabu, 17 Desember 2014

Mencegah Stroke Dengan Teh

Semua orang pasti pernah minum teh, karena teh merupakan minuman paling populer di dunia dan teh baik teh hitam atau teh hijau merupakan minuman yang menyehatkan. Teh mengandung banyak zat yang dapat mencegah dan mengobati bermacam-macam gangguan kesehatan dan salah satunya adalah stroke. Teh dapat mencegah stroke karena teh mengandung zat catiechin yang dapat menurunkan kadar cholesterol dan flavonoid yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Stroke dapat disebabkan oleh dua hal yaitu pembuluh arteri di kepala pecah yang menyebabkan darah masuk ke tengkorak kepala dan menenggelamkan sel-sel otak, serta terjadinya penyumbatan di pembuluh arteri yang menghalangi aliran darah ke otak dan membuat sel-sel otak mati. Teh dapat mencegah stroke karena teh dapat memperkuat pembuluh arteri, menurunkan tekanan darah, dan mengendalikan pendarahan di otak jika satu pembuluh arteri pecah dengan membiarkan darah menjadi kental dan menyumbat pembuluh yang pecah. 

Berdasarkan hasil penelitian seseorang yang rutin mengkonsumsi teh hijau akan mengalami resiko serangan stroke yang jauh lebih kecil dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau. Dan bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan asin adalah lebih baik jika membiasakan diri mengkonsumsi teh hijau karena kandungan garam dalam makanan yang asin dapat meningkatkan tekanan darah yang beresiko stroke. 

Saat ini ada banyak citarasa teh, tetapi semua teh berasal dari satu tanaman yaitu Camellia Sinensis. Citarasa teh yang berbeda berasal dari cara daun teh itu diproduksi dan difermentasikan. Teh hitam dibiarkan mengalami proses fermentasi paling lama sedang teh hijau mengalami proses fermentasi paling singkat. Dengan harga terjangkau teh mungkin merupakan obat paling murah di dunia. Sudahkah anda minum teh hari ini?

Tidak ada komentar: