Senin, 15 Desember 2014

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok adalah suatu keadaan dimana rambut kehilangan keelastisannya yang normal sehingga menjadi rapuh dan mudah rontok dari kulit kepala. Rambut rontok masih dapat disebut normal jika rontok 50-100 helai perhari, tapi jika lebih dari itu maka diperlukan satu tindakan pengobatan agar tidak terjadi kebotakan. Folikel rambut masih dapat tumbuh pada rambut rontok jika kerontokan tidak sampai ke akar rambut, tapi jika kerontokan sampai ke akar rambut dapat terjadi luka yang mengakibatkan folikel rambut tidak bisa tumbuh sehingga terjadi kebotakan. 

Rambut rontok dapat terjadi disebabkan oleh beberapa hal antara lain karena reaksi obat, anemia berat, infeksi bakteri, dan jamur atau ketombe. Pada pria kerontokan juga dapat terjadi karena berubahnya kadar androgen dan usia, sedang pada wanita yang usai melahirkan juga dapat mengalami kerontokan tapi kerontokan ini bersifat sementara. 

Untuk mencegah rambut rontok maka lakukan creambath secara teratur, jangan menggunakan bahan kimia yang terlalu keras di rambut, dan jangan “membakar” rambut seperti menggunakan alat pengeriting dan pengering rambut pada tekanan tinggi. 

Untuk mengatasi rambut rontok dapat digunakan beberapa bahan alami yaitu: 
● Daun lidah buaya dikupas, gosokan secara merata pada kulit kepala, biarkan selama beberapa jam, bilas sampai bersih, lakukan secara teratur 3 kali seminggu (atau) 
● Air teh kental diamkan semalam, esok harinya gunakan untuk membasahi kulit kepala secara merata sambil dipijat, biarkan beberapa saat, bilas sampai bersih, lakukan 3 kali seminggu (atau) 
● 10 butir kemiri disangrai, tumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air, panaskan sampai mengeluarkan minyak, dinginkan, oleskan ke kulit kepala sambil dipijat, biarkan beberapa saat, bilas sampai bersih, lakukan secara teratur. 

Catatan! Pilih salah satu cara pengobatan.

Tidak ada komentar: